Sabtu, 16 Oktober 2010

Beberapa cara mengatur waktu selama kuliah



Mungkin sebagian besar mahasiswa pasti mengalami perubahan waktu yang sangat drastis. Kenapa? Ya, dari SMA beranjak ke kuliah dan waktu SMA dan waktu kuliah itu tidak sama. Jangan pernah menyamakan waktu untuk 2 hal itu. Karena ketika kita duduk di bangku SMA, kita sering merasakan senang-senangnya, entah karena ga ada tugas, jarang sekali tugas, atau mungkin menghabiskan waktu bersama teman-teman dan jarang sekali waktu untuk belajarnya. Mungkin jika ada waktu belajar, itu disaat-saat mendadak saja, seperti hari H mau Ulangan Umum atau UAN. Beda halnya dengan waktu semasa kuliah. Pada saat kuliah, kita tidak sesering lagi merasakan senang-senang dan main-main. Yang ada hanya satu, fokus kuliah untuk UTS dan UAS, dan beberapa tugas dari dosen-dosen tertentu di mata kuliah tertentu juga. Kenapa bisa demikian berbeda? Karena kita dituntut untuk lebih dewasa lagi, tidak untuk kekanak-kanakkan lagi. Masa kuliah, berarti saatnya meninggalkan masa-masa malas semasa SMA dulu. Dan di masa kuliahlah kita merasakan lelahnya dan sedikit sekali waktu untuk istirahat.

Dan inilah beberapa cara mengatur waktu selama kuliah :
1. Jika ada tugas yang diberi oleh dosen pada hari itu, kerjakanlah sebisa mungkin hari itu juga. Jangan ditunda-tunda dan jangan dadakan. Maksudnya dadakan disini itu kita kebiasaan mengejakan tugas-tugas pada H-1'nya dan cara seperti inilah yang membuat kita keteteran.
2. Jika anda ingin jalan-jalan atau menghabiskan waktu bersama teman-teman, pilihlah hari yang pada hari itu anda tidak ada kelas atau dengan kata lain libur. Jangan berpergian di hari yang hari itu ada tugas kuliah. Lebih baik lagi jika waktu liburan anda diisi dengan istirahat.
3. Jika ada waktu kosong sedikitpun, pergunakanlah waktu itu dengan mengerjakan tugas-tugas yang belum anda kerjakan atau dengan kata lain menyicil tugas. Ini lebih baik daripada anda hanya berdiam saja, itu hanya membuang waktu anda dan menyia-nyiakan waktu itu.
4. Sehabis pulang kuliah, usahakan anda kerjakan hal-hal yang biasa anda kerjakan keetika di rumah terlebih dahulu, seperti mandi, makan dan shalat (bagi yang beragama Islam). Dan baru setelah itu anda mennyibukkan diri dengan mengerjakan tugas-tugas anda.
5. Ketika anda mengerjakan tugas kuliah, usahakan anda fokus mengerjakannya. Jangan fokus terhadap hal lain, seperti menonton, mendengar lagu, atau lainnya. Karena ketika anda fokus terhadap tugas itu, tanpa terasa tugas yang anda kerjakan itu akan cepat selesainya daripada anda harus melakukan hal-hal yang tidak penting terlebih dahulu.
6. Jangan pernah mengerjakan tugas secara dadakan, apalagi jika ada tugas yang menumpuk. Jangan pernah menerapkan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam), ini akan membuat anda keteteran.

Ok, terima kasih

3 komentar:

  1. saya sangat setuju dengan tips ini , terimakasih atas infonya.

    BalasHapus
  2. Makasih infonya....

    Berhubung tahun depan sudah mau masuk kuliah..bisa di coba nih tips nya :)

    BalasHapus
  3. makasih infonya tapi saya kuiah terus ada praktek di mna-mna yang mebuat keteteran

    BalasHapus