Rabu, 27 Oktober 2010

Individu, Keluarga dan Masyarakat

INDIVIDU

Individu berasal dari bahasa Latin (Individium), yang berarti satuan kecil yang sudah tidak dapat dibagi-bagi lagi. Individu menurut ilmu sosiologi, memiliki arti manusia yang hidup dengan cara berdiri sendiri. Individu sebagai makhluk ciptaan Tuhan yakni manusia, didalam dirinya selalu dilengkapi dengan kelengkapan hidup yang diberi oleh Tuhan. Kelengkapan hidup apa yang dimaksud?

Kelengkapan hidup itu, diantaranya :
1. Raga
2. Rasa
3. Rasio atau akal pikiran
4. Rukun atau pergaulan hidup

KELUARGA

Keluarga berasal dari bahasa Sansekerta (Kula dan Warga, Kulawarga), yang memiliki arti anggota ataupun kelompok kerabat. Keluarga adalah suatu lingkungan yang dimana didalamnya terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah dan bersatu.

Inti-inti dari suatu keluarga, yaitu :
1. Ayah
2. Ibu
3. Anak-anak dari Ayah dan Ibu

MASYARAKAT

Masyarakat berasal dari bahasa Inggis (Society), yang artinya ikut serta atau partisipasi dan berasal juga dari bahasa Arab (Syakara), yang maksudnya adalah saling bergaul atau saling berinteraksi.

Beberap pengertian masyarakat menurut ahli sosiologi dunia, yakni :
1. Menurut Selo Sumardjan, masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.
2. Menurut Karl Marx, masyarakat adalah suatu struktur yang menderita suatu ketegangan organisasi atau perkembangan akibat adanya pertentangan antara kelompok-kelompok yang terbagi secara ekonomi.
3. Menurut Emile Durkheim, masyarakat merupakan suau kenyataan objektif pribadi-pribadi yang merupakan anggotanya.
4. Menurut Paul B. Horton & C. Hunt, masyarakat merupakan kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok / kumpulan manusia tersebut.

Jadi, masyarakat adalah sejumlah manusia yang adalah merupakan satu kesatuan golongan yang berhubungan tetap dan memiliki kepentingan yang sama. Kepentingan sama apa yang dimaksud? Seperti: sekolah, keluarga, perkumpulan, negara. Semua kepentingan itu adalah masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar