Rabu, 27 Oktober 2010

Penduduk, Masyarakat, dan Kebudayaan

PENDUDUK

Penduduk mempunyai nama lain yakni warga dari suatu negara atau daerah.

Penduduk dapat diartikan menjadi 2 pengertian, yakni :
1. Orang yang tinggal di daerah tersebut
2. Orang yang sah secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut. Maksudnya, orang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal di daerah itu. Surat resmi apa yang dimaksud? Misalnya bukti kewarganegaraan atau surat-surat yang menentukan orang itu memiliki hak untuk tinggal disitu.

Menurut ilmu sosiologi, penduduk dapat diartikan sebagai suatu kumpulan manusia yang menempati suatu wilayah geografi tertentu dan ruang tertentu pula.

MASYARAKAT

Masyarakat berasal dari bahasa Inggis (Society), yang artinya ikut serta atau partisipasi dan berasal juga dari bahasa Arab (Syakara), yang maksudnya adalah saling bergaul atau saling berinteraksi.

Beberapa pengertian masyarakat menurut ahli sosiologi dunia, yakni :
1. Menurut Selo Sumardjan, masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.
2. Menurut Karl Marx, masyarakat adalah suatu struktur yang menderita suatu ketegangan organisasi atau perkembangan akibat adanya pertentangan antara kelompok-kelompok yang terbagi secara ekonomi.
3. Menurut Emile Durkheim, masyarakat merupakan suau kenyataan objektif pribadi-pribadi yang merupakan anggotanya.
4. Menurut Paul B. Horton & C. Hunt, masyarakat merupakan kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok / kumpulan manusia tersebut.

Jadi, masyarakat adalah sejumlah manusia yang adalah merupakan satu kesatuan golongan yang berhubungan tetap dan memiliki kepentingan yang sama. Kepentingan sama apa yang dimaksud? Seperti: sekolah, keluarga, perkumpulan, negara. Semua kepentingan itu adalah masyarakat.

KEBUDAYAAN

Budaya atau nama lain dari Kebudayaan adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama-sama oleh suatu kelompok manusia dan diwariskan dari generasi ke generasi. Maksudnya diwariskan dari generasi ke generasi disini adalah diwariskan dari generasi yang sebelumnya kepada generasi penerus atau yang selanjutnya. Kata 'budaya' mempunyai makna yakni suatu pola hidup menyeluruh, sedangkan kata 'kebudayaan' yang berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Buddhayah ,yang kata Buddhayah itu sendiri merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal pikiran), bermakna sebagai segala hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan berasal dari kata Culture, yang berasal dari bahasa Latin (Colere), yang artinya adalah mengolah atau mengerjakan, dan dalam bahasa Indonesia kata 'kebudayaan' sering disebut kultur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar