Kamis, 07 Oktober 2010

Tips mudah mengingat akun-akun kita di Dunia Maya



Terkadang kita sering lupa dengan akun-akun kita di dunia maya, seperti di Facebook, Twitter, Yahoo, dan lain-lain. Entah itu lupa dengan ID-nya atau password-nya. Mungkin karena faktor kebanyakan akun yang sudah dibuat di macam-macam media online, atau mungkin nama ID dan Password-nya yang berbeda-beda tiap akun, nama ID dan Password yang susah dan ribet, atau faktor-faktor lainnya yang buat kita lupa. Ya, maklum namanya juga manusia tidak luput dari sifat lupa. Bisa dimaklumkan. Tapi kalo kita lupa terus-terusan? Kita bisa lama-lama terbiasa dengan sifat pelupa itu. Nah, maka dari itu gw disini memberi tips gimana caranya agar kita mudah mengingat akun-akun kita. Bukan berarti dengan gw bahas ini, kita dijamin tidak lupa lagi. Bukan! Sekali lagi ini hanya saran saja. Mencegah itu lebih baik. Gw buat tips begini itu karena pengalaman yang sudah-sudah saja, supaya tidak terulang lagi untuk yang kesekian kalinya.

Oke, berikut ini tips-nya :
1. Gunakan nama untuk ID dan Password yang mudah-mudah saja dan mudah diingat. Jangan yang susah dan nama-nama alay. Lalu apakah nama itu? Nama yang mudah diingat yaitu nama kita sendiri. Boleh nama pendek atau nama panjang. Terserah anda jika mau menambahkan atau mengurangkan beberapa karakter pada nama anda, supaya lebih aman lagi. Misal : nama asli anda itu Sella, anda bisa menulisnya dengan Sela, Selaa, Seela dan lainnya yang tidak jauh dari kata itu.
2. Terapkan di semua media-media online lainnya dengan nama ID dan Password yang sama, jangan digunakan hanya untuk 1 media saja. Misal : terapkan di Facebook, Twitter, Yahoo dan lainnya. Misal ID dan Password Facebook anda itu adalah sella_melan@yahoo.com dan sellamelan, anda terapkan juga seperti ini persis di Twitter, Yahoo. Tumblr dan lainnya.
3. Catat nama ID dan Password itu di media-media yang memungkinkan. Seperti apa? Seperti Handphone, PC, ataupun kertas. Lalu simpan di tempat yang aman dan memungkinkan untuk anda saja yang mengetahui, tidak orang lain.

Oke, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar